Kubahagia Dengan Malam




June, 14 2010

Kuberjalan dalam malam kelam tanpa kawan, tanpa bintang dan tanpa sinar rembulan yang biasanya hadir dalam kegelapan. Malam yang ramai penuh hiruk pikuk dan terang benderang cahaya lampu jalan berlahan-lahan mulai hilang. Seiring malam makin larut, suasana menjadi sepi tanpa suara. Sesekali terdengar deruman kendaraan yang lewat dengan kecepatan tinggi atau sedikit ribut suara dari keciprakan air dari parit, entah suara apa, aku pun tidak berniat ingin tau.
Aku terus berjalan tanpa tujuan. Menyusuri jalan-jalan yang sedikit agak membuat bulu kudukku merinding, entah karena desiran angin yang sedikit dingin atau ada hal lain, aku tidak tau. Kulihat ada sebatang pohon yang rindang dan aku berkeinginan untuk berteduh dibawahnya, kulangkahkan kakiku pada batang pohon itu, aku bersandar dibawahnya untuk istirahat sejenak. Kupandangi langit yang hitam, desiran angin malam makin membuatku merasa dingin. Pikiranku berjalan dalam otakku, membuatku harus berpikir
Sejak kapan aku menyukai malam, sejak kapan aku mencintai malam dan sejak kapan malam adalah waktu yang paling membuatku merasa tenang. Ya, yang kutau adalah sejak sekarang. Padahal, waktuku kecil dulu, malam adalah musuh utamaku apalagi bila mati lampu. Malam yang bagiku menakutkan karena harus pulang mengaji dengan berlarian, aku tidak berani ke sumur dibelakang rumah hanya untuk buang air kecil dan cuci kaki sebelum tidur, aku tidak berani kemana-mana kalau tidak ditemani.
Tapi sekarang, malam adalah cintaku. Dan aku merana bila siang datang dan malamku pun berlalu tanpa bisa kucegah kepergiannya. Aku sangat merindui malam meski terkadang malam datang tanpa bintang dan rembulan. Aku sangat menyukai malam karena malam bisa membuatku mampu untuk mengeluarkan isi hatiku dan menemukan makna tentang kehidupan. Malamku sekarang seringan kapas tanpa beban. Malamku sekarang kemerdekaan buat bathinku. Malamku sekarang aku bisa mengarang tulisan-tulisan bodoh. Malamku sekarang……….. aku tetap bahagia dalam kesepian.

Komentar

Postingan Populer